Cara Penulisan Tanggal Surat yang Benar (Surat Formal dan Informal)

Cara Penulisan Tanggal Surat yang Benar (Surat Formal dan Informal)

phuketbucksparties.com – Manusia merupakan makhluk sosial yang saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Komunikasi dapat dilakukan dengan banyak cara, baik itu verbal, non verbal, maupun komunikasi jarak jauh. Untuk komunikasi jarak jauh, surat menyurat adalah salah satu caranya. Namun dalam penulisan surat ada aturan-aturan tertentu, salah satunya ialah penulisan tanggal surat yang benar.

Tetapi berlaku atau tidaknya aturan-aturan tersebut juga bergantung pada jenis suratnya. Jika surat bersifat formal, maka penulisan dilakukan sesuai aturan. Sedangkan, jika surat bersifat informal maka cara penulisan akan lebih bebas tanpa terikat ketentuan dan tata cara yang baku.

Cara Menulis Tanggal Pada Surat (Formal, Informal)

Untuk memulai, Anda harus identifikasi terlebih dahulu surat seperti apa yang akan Anda tulis. Sesuaikan dengan kebutuhan serta tujuan pengiriman surat. Jika sudah mengetahui jenisnya, simak cara penulisan tanggal surat dengan baik di bawah ini:

1. Surat Resmi (Formal)

  • Untuk surat formal, penempatan tanggal ialah di sebelah kiri (sejajar dengan margin). Selain itu, tanggal ditempatkan pada satu atau dua baris di bawah alamat penulis surat/pengirim
  • Agar surat tampak lebih rapih, samakan jumlah penggunaan baris di setiap bagian surat. Sebagai contoh, jika jarak dari alamat pengirim ke tanggal ialah satu spasi, maka jarak dari tanggal ke informasi penerima juga satu spasi
  • Kemudian untuk formatnya disarankan menggunakan format blok. (Untuk surat komplain maupun surat lamaran dianjurkan menggunakan format blok)
  • Agar rapi, tempatkan seluruh isi surat di sebelah kiri halaman
  • Pisahkan bagian yang berbeda menggunakan spasi. Kemudian tak perlu menggunakan indentasi
  • Tulislah tanggal secara lengkap tanpa menggunakan singkatan. Contoh: “Desember 24, 2020”

2. Surat Tidak Resmi (Informal)

  • Pada surat informal, Anda tidak perlu menulis alamat serta nama pengirim terlebih dahulu. Pertama-tama Anda hanya perlu menuliskan tanggal di bagian atas surat
  • Untuk posisi tanggal, Anda bisa pilih antara bagian kiri atas surat atau sebelah kanan
  • Setelah tanggal ditulis, selanjutnya Anda bisa tulis kata atau kalimat sapaan kepada penerima surat
  • Untuk penulisan, tidak ada aturan yang baku untuk surat informal. Anda dapat menulis tanggal dengan format abreviasi (contoh: “22 September 2020”) maupun format angka (contoh: “03-29-2020”. Untuk format angka, Anda bisa menuliskannya dengan memakai beberapa tAnda sambung, yakni: strip (-), titik (.), maupun garis miring (/)
  • Dalam surat informal, Anda juga dapat meringkas penulisan dalam format angka dengan cara menghilangkan nol pada bagian bulan dan tanggal, serta menghilangkan dua angka terdepan pada bagian tahun. Contoh: “9-28-20”

Baca Juga : Cara Memperbaiki Gigi Berlubang

Penjabaran di atas ialah cara penulisan tanggal surat dengan benar. Jika Anda ingin mengirim surat dengan salah satu jenis yang disebutkan di atas, Anda bisa coba menerapkannya. Namun, untuk menulis surat resmi ke sebuah kantor terkadang Anda harus memperhatikan aturan-aturan kantor. Jadi sebaiknya Anda periksa terlebih dahulu panduan dari kantor terkait tentang tata cara menulis surat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *