Ampuh, 7 Tips Agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit

Ampuh, 7 Tips Agar Melahirkan Normal Lancar dan Tidak Sakit

phuketbucksparties.com  – Persalinan menjadi prosesi yang dinanti-nanti oleh orang tua baru, khususnya ibu. Proses dimana perubahan status terjadi. Dari awalnya hanya calon ibu, menjadi ibu. Dari awalnya hanya memiliki anak tunggal, kini memiliki dua anak, dan seterusnya. Proses penantian selama 9 bulan 10 hari atau kurang lebih kisaran itu. 

Kendati demikian, momen bahagia turut disertai dengan momen menakutkan. Bagaimana tidak? Calon ibu pasti takut prosesnya sakit, ada kendala atau tidak selama prosesi persalinan nanti. Nah, tetap rileks ya, tetap banyak berdoa agar semuanya bisa lancar dan lahiran normal. Untuk itu, ada beberapa tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit untuk dipraktikkan nanti , ya!

7 Tips Melahirkan Nyaman Tanpa Rasa Sakit 

Persalinan normal ialah proses mengeluarkan janin dari kandungan secara normal setelah waktu penantian datang. Dari sisi janin ataupun ibu, tidak ada komplikasi atau masalah yang mengharuskan untuk operasi. Nah, hal utama yang perlu dijaga oleh ibu adalah kondisi fisik, mental, sekaligus emosionalnya stabil.

 

  •  Menghindari Stres

 

Sering stres selama hamil? Wajar. Tetapi, di sini Anda bukan hanya dituntut untuk meminimalisir stres, tetapi harus menghindarinya. Pikiran stres dapat berakibat negatif selama prosesi persalinan nanti, loh. 

Karena, jika Anda sudah stres, emosi negatif akan meletup-letup, kondisi emosional kurang stabil, pikiran pasti tidak bisa berpikir positif. Hawanya dikelilingi sesuatu hal negatif. 

 

  • Memperbanyak Pengetahuan 

 

Anda tidak bisa selama 24 jam berkonsultasi kepada bidan atau dokter kandungan, kan? Nah, manfaatkan media digital atau buku-buku yang membahas tentang persalinan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya agar minimal tidak kaget ketika prosesi terjadi, bagaimana harusnya memposisikan diri, langkah apa yang harus diambil. Karena pengetahuan ialah segalanya. 

 

  • Membangun Supporting System

 

Terkadang, Anda hanya membutuhkan dorongan motivasi, semangat, dan kepercayaan oleh orang-orang terdekat. Maka, mintalah mereka agar bisa selalu menjadi supporting system dengan baik, khususnya si suami atau ibu kandung Anda. 

 

  • Pijat Perineum

 

Pijat Perineum ialah pijatan dengan menekan secara lembut pada bagian (area) jalan lahir si bayi. Pijat perineum bisa menjadi stimulus tersendiri sebelum persalinan terjadi, loh. Jika bisa memijatnya secara teratur, tubuh juga akan bersiap untuk lahiran secara normal. 

 

  • Menjaga Hidrasi

 

Air memang penting ya untuk kehidupan. Selama hamil, Anda harus banyak minum air agar tubuh senantiasa terhidrasi. Dengan demikian, proses persalinannya akan semakin lancar. 

 

  • Memantau Posisi Tubuh

 

Pantaulah dan pastikan bahwa posisi Anda selaras, jika gerak harus sewajarnya, berhati-hati. Karena, posisi Anda berpengaruh terhadap posisi anak di dalam kandungan. Misalnya, hindari duduk dan berdiri dalam jangka waktu lama, tidur dengan posisi canggung, atau sering menggunakan sepatu hak tinggi. 

 

  • Olahraga Ringan

 

Olahraga ringan bukanlah mitos, melainkan sudah disarankan oleh ahli kesehatan, ya! Ibu hamil memang dilarang untuk merasa capek, banyak gerak, tetapi olahraga ringan dapat membantu memperlancar persalinan. Olahraga yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yakni, yoga prenatal atau jalan kaki secara rutin di setiap pagi hari, mulai 10 menit hingga 30 menit saja. 

Baca Juga : Ingin Bisa Bernyanyi dengan Bagus? Ikuti Tips Berikut Ini

Nah, itulah 7 tips agar melahirkan normal lancar dan tidak sakit. Yang paling penting adalah tetap menjaga kesehatan. Jika menginginkan metode terbaik untuk proses persalinan, itu lebih bagus. Seperti water birthing, silence birthing, dan hypno birthing. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *